4 Pesawat TNI AU Latihan Terbang, 2 Pesawat Jatuh di Lereng Bromo

By Ony 16 Nov 2023, 14:20:38 WIB Nasional



BERJAYANEWS.COM,- Dua dari empat pesawat TNI AU jenis Super Tucano jatuh di areal persawahan di tengah warga sedang beraktivitas, di kawasan Gunung Bromo, Pasuruan, Jawa Timur pada Kamis (16/11/2023). Pesawat itu melakukan latihan rutin dan terbang (take off) dari Landasan Udara Abdulrachman Saleh, Malang.

"Pukul 11.18 WIB Chevron #1 dan Chevron #2 dinyatakan lost contact, sementara pukul 11.31 WIB Chevron #3 dan Chevron #4 landing di Abdulrachman Saleh," demikian keterangan yang didapat redaksi, Kamis (16/11/2023).

Baca Lainnya :

    Dalam keterangan disebutkan keempat pesawat TNI AU ini take off dari Lanud Abdulrachman Saleh pada pukul 10.50 WIB, dilanjutkan dengan joint dan membentuk box formation. Keempat pesawat melanjutkan penerbangan ke sejumlah area. "Routing melalui area alpha, bravo, charlie, delta sekitar 8.000 di atas permukaan laut," kata keterangan itu.

    Namun, dua pesawat yakni Chevron#2 dan Chevron #4 saat dipanggil melalui radio, tetapi tidak ada jawaban. Sementara dua pesawat Chevron #2 dan Chevron #4 kembali ke Lanud Abdulrachman Saleh dengan aman.

    Informasi yang dihimpun menyebutkan, salah satu pesawat yang jatuh memiliki nomor ekor TT-3103. Super Tucano yang merupakan buatan Brasil, memiliki kemampuan counter insurgency (serang antigerilya ).

    Pesawat tersebut juga memiliki kemampuan pengendali udara depan (forward air control), dukungan udara dekat (close air support), penyekatan, dan pertahanan udara berkecepatan rendah sehingga dapat melakukan identifikasi musuh di medan perang. ***

     




    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

    Loading....