DPR RI Bentuk Pansus Angket untuk Awasi Ibadah Haji

By Heridho 09 Jul 2024, 18:18:28 WIB Nasional


Keterangan Gambar : istimewa

Jakarta, Berjayanews.com - Rapat Paripurna DPR RI Ke-21 Masa Sidang V Tahun Sidang 2023-2024 mengesahkan pembentukan panitia khusus (Pansus) hak angket penyelenggaraan ibadah haji. Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar dan mendapat persetujuan dari para Anggota DPR RI yang hadir.

“saya menegaskan bahwa saatnya bagi sidang dewan untuk mempertimbangkan apakah mereka setuju dengan usulan pembentukan dan komposisi keanggotaan pansus angket pengawasan haji sebagaimana yang diusulkan dapat kita setujui." ucap Cak Imin, Selasa (9/7/2024).

Proses pengesahan dimulai dengan pengusulan dari Selly Andriany Gantina mengenai pentingnya pembentukan pansus angket ini. Dia menyoroti beberapa masalah, termasuk pembagian kuota haji yang dinilai tidak sesuai dengan aturan yang ada.

Baca Lainnya :

“Penetapan kuota haji khusus sebesar 8 persen dari kuota haji Indonesia dengan keputusan Menag No 118 Tahun 2024 bertentangan dengan UU dan tak sesuai dengan hasil kesimpulan rapat Panja Komisi VIII dengan Menag terkait penetapan BPIH," kata Selly.

Selly juga menyoroti masalah-masalah layanan bagi jemaah haji di Arab Saudi, termasuk masalah tenda dan katering yang kurang memadai.

Selain itu, Selly juga mengonfirmasi bahwa usulan pansus ini didukung oleh lebih dari 35 anggota DPR RI dari berbagai fraksi, melebihi kuorum yang diperlukan.

"Saya ingin menyampaikan kepada pimpinan bahwa jumlah anggota yang telah menandatangani hak angket bukan hanya 31, melainkan sudah mencapai 35 anggota. Semua tanda tangan tersebut telah dikonfirmasi dan akan saya sampaikan, berasal dari lebih dari dua fraksi," ujar Selly.

Setelah diskusi yang cukup, seluruh anggota yang hadir menyatakan persetujuannya dengan kata "Setuju". Maka, Wakil Ketua DPR RI, Cak Imin, mengetuk palu sebagai tanda bahwa keputusan telah diambil dan pansus angket untuk pengawasan penyelenggaraan ibadah haji resmi dibentuk.

Pembentukan pansus angket ini merupakan langkah penting untuk mengawasi pelaksanaan ibadah haji, memastikan bahwa semua proses dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, serta mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin timbul selama proses penyelenggaraan haji. (*)




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Loading....