Hari Terakhir, Bawaslu Data 79 Pendaftar Panwascam

By Ony 27 Sep 2022, 16:16:43 WIB Metro


Keterangan Gambar : Foto : Kordinator Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Kota Metro yang juga Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam, Giyono saat diwawancarai di kantornya.




Berjayanews.com,Metro,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Metro mendata terdapat sebanyak 79 pendaftar calon Panitia Pengawas pemilihan Kecamatan (Panwascam) di 5 Kecamatan se-Kota Metro.

Demikian diungkapkan, Ketua Pokja Rekrutmen Panwascam se- Kota Metro, Giyono saat dikonfirmasi dikantornya, Selasa (27/09/2022). Dirinya menjelaskan, data 79 pendaftar tersebut terhitung hingga Selasa pukul 09.37 pagi tadi.

"Jadi kami berkesimpulan bahwa antusias masyarakat sangat tinggi, karena yang dibutuhkan pada masing-masing kecamatan itu hanya 3 orang," kata dia.

Diungkapkannya, jumlah tersebut muncul setelah penjaringan calon anggota Panwascam yang diumumkan mulai dibuka sejak 21 September lalu. 

"Pendaftaran ini dibuka sejak tanggal 21 September sampai dengan tanggal 27 September, yang hari ini merupakan hari terakhir. Pendaftaran setiap harinya kita buka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB," bebernya.

Meski demikian, dirinya menerangkan masih terdapat kekurangan keterwakilan perempuan yang mendaftar di wilayah Kecamatan Metro Selatan.

"Untuk keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen itu ketentuannya berlaku di masing-masing kecamatan. Kalau dari 5 kecamatan ini, yang belum memenuhi di Metro Selatan. Ini baru ada satu pendaftar perempuan," ujarnya.

Jika hingga waktu penutupan masih terdapat kekurangan keterwakilan perempuan, lanjut dia, Bawaslu Metro akan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran khusus pada wilayah Kecamatan Metro Selatan.

"Kalau ini nanti sampai pukul 17.00 WIB tidak ada penambahan soal keterwakilan perempuan dari Metro Selatan. Maka akan kita lakukan perpanjangan selama 5 hari dan terhitung hari kerja dan khusus untuk wilayah Kecamatan Metro Selatan," terangnya.

Pria yang merupakan Kordinator Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Kota Metro tersebut juga menerangkan bahwa antusias masyarakat untuk menjadi bagian dari pengawas pemilu cukup tinggi dibandingkan periode sebelumnya.

"Kalau pendaftar di periode ini lebih banyak dibandingkan tahun kemarin. Periode kemarin hanya sekitar 57 pendaftar, dan periode ini sampai dengan jam 09.37 WIB sudah ada 79 pendaftar. Artinya masyarakat sudah terpanggil untuk ikut berpartisipasi," tandas Giyono.

Diketahui, 79 orang pendaftar tersebut terdiri atas 61 laki-laki dan 18 orang wanita. Mereka terbagi di 5 kecamatan yang masing-masing terdapat 22 orang pendaftar dari Kecamatan Metro Pusat, 11 pendaftar dari Metro Utara, 16 pendaftar dari Metro Barat, 14 pendaftar dari Metro Selatan dan 16 orang pendaftar dari Kecamatan Metro Timur. (Ahm)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

bawah

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Loading....


kanan atas