Ikut Shopee Live Banyak Seller Bukan Untung Tapi Malah Rugi dan Kesal

By Ony 08 Agu 2023, 11:39:05 WIB Ekonomi


Keterangan Gambar : Ikut Shopee Live Banyak Seller Bukan Untung Tapi Malah Rugi dan Kesal


BERJAYANEWS.COM,- Shopee tengah gencar mempromosikan fitur baru andalan mereka, Shopee Live dengan mengandeng sejumlah artis seperti Nikita Mirzani hingga Raffi Ahmad

Mirisnya di tengah ingar-bingar promosi Shopee Live, seorang seller Shopee mengisahkan pengalaman buruknya ketika berjualan menggunakan fitur streaming tersebut.

Baca Lainnya :

    Keluhan sang seller Shopee Live sampaikan melalui base @JUALAN_BASE di Twitter pada Minggu, 6 Agustus 2023 malam.

    Ia mengaku kapok berjualan dengan Shopee Live. Karena kelemahan aplikasi jual-beli online asal Singapura tersebut telah membuatnya rugi.

    "Guys, gua kapok jualan live Shopee yang berkali-kali check out gitu (as seller)," tulis seller tersebut melalui @JUALAN_BASE.

    Ternyata, transaksi yang dilakukan customer di Shopee Live sudah mencapai batas maksimal.

    Padahal si pembeli sudah kadung melakukan checkout berkali-kali dan si penjual telah mentransfer balik dana yang seharusnya didapatkan.

    Hal itu karena si seller menerapkan sistem tfb alias transfer back dalam penjualannya.

    "Udah enak dikasih barang sampe free berkali-kali checkout, tfb (transfer back, red) langsung, biaya admin ditanggung. Eh pas klik pesanan diterimanya sampe batas maksimal," tulisnya.

    "Udedah nanti mah ogah. Rejeki gak akan ke mana kalo gitu mah," lanjut seller tersebut.

    Para seller lain yang pernah menerapkan sistem sama pun membagikan cerita serupa melalui kolom reply.

    Pengguna dengan nama akun @notyoursidee misalnya.

    Ia menceritakan pengalaman pahitnya 'mengemis-ngemis' ke customer yang ia dapat melalui Shopee Live agar mengeklik 'pesanan diterima' sebelum mentransfer balik.

    "Asliiii gue sampe ngemis-ngemis cuma minta klik pesanan diterima, untungnya gak seberapa tapi emosinya kerasa banget," tulis pemilik akun tersebut dengan mencantumkan screenshot chat.

    Sebagai informasi, 'transfer back' adalah sistem penjualan yang memanfaatkan kelemahan aplikasi Shopee Live.

    Tak sedikit seller yang memanfaatkan sistem ini agar buyer bisa mengklaim voucher yang didapatkan dari live. Namun, seringkali harga barang lebih rendah dari nominal voucher, untuk itu seller menaikkan harganya dulu, untuk kemudian selisih dari harga asli akan ditransfer balik oleh seller setelah dipotong biaya admin.

    Misalnya, harga barang Rp10.000 dan voucher Shopee Live berlaku untuk transaksi Rp30.000.

    Maka harga akan dinaikkan oleh seller terlebih dahulu dengan ditambah Rp20.000 agar mendapatkan voucher diskon tersebut.

    Sehingga seolah-olah barang gratis dan buyer hanya membayar ongkos kirimnya saja, dan setelah transaksi dilakukan, maka kelebihan bayarnya yakni sebesar Rp20.000 akan dikembalikan kepada buyer setelah dikurangi biaya admin.

    Hingga berita ini diturunkan pihak Shopee yang dihubungi wartawan melaui Head of Media Relations Shopee Indonesia Prisca Niken belum direspon. ***




    Temukan juga kami di

    Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

    Loading....