Menghargai Pilar Literasi: Peringatan Hari Pustakawan Nasional 2024

By Heridho 07 Jul 2024, 14:54:38 WIB Nasional


Keterangan Gambar : Istimewa

Berjayanews.com - Hari Pustakawan Nasional, yang diperingati setiap tahun pada tanggal 7 Juli, kembali disambut dengan antusias oleh para pustakawan dan pencinta literasi di seluruh negeri.

Momentum ini tidak hanya sebagai penghargaan terhadap para pustakawan, tetapi juga untuk menghargai kontribusi mereka dalam mengembangkan dan memelihara perpustakaan sebagai sumber pengetahuan yang tak ternilai bagi masyarakat.

Apa Itu Pustakawan?

Baca Lainnya :

Pustakawan merupakan profesi yang tidak hanya mengelola koleksi buku dan materi bacaan, tetapi juga bertanggung jawab dalam menyediakan akses yang mudah dan efisien terhadap informasi untuk masyarakat umum, akademisi, peneliti, serta pelajar.

Mereka merupakan garda terdepan dalam mempromosikan literasi dan membantu individu untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Tugas dan Tanggung Jawab Pustakawan

Tugas utama pustakawan meliputi:

1. Pengelolaan Koleksi: Mengurus pembelian, perawatan, dan pengaturan koleksi buku dan materi bacaan lainnya agar mudah diakses oleh pengguna perpustakaan.

2. Pelayanan Referensi: Memberikan bantuan dalam pencarian informasi, baik melalui layanan langsung maupun online, untuk membantu pengguna menemukan sumber informasi yang mereka butuhkan.

3. Pengembangan Koleksi: Mempelajari kebutuhan dan minat pengguna untuk mengembangkan koleksi perpustakaan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan zaman.

4. Pendidikan Informasi: Mengedukasi pengguna tentang keterampilan mencari informasi, evaluasi sumber informasi, dan literasi informasi secara umum.

5. Promosi Literasi: Mengorganisir kegiatan-kegiatan seperti diskusi buku, workshop, dan seminar untuk meningkatkan minat baca dan literasi di komunitas.

Peran Penting dalam Masyarakat

Perpustakaan dengan pustakawan yang terlatih dan berpengalaman tidak hanya menjadi tempat untuk meminjam buku, tetapi juga menjadi pusat pendidikan informal yang mendukung pengembangan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Melalui peringatan Hari Pustakawan Nasioanal, diharapkan masyarakat semakin menghargai dan mendukung peran vital pustakawan dalam mempromosikan dan melestarikan pengetahuan untuk generasi saat ini dan masa depan. (ido)




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Loading....