Pemerintah Resmi Luncurkan Logo HUT ke-79 RI dengan Tema Nusantara Baru Indonesia Baru

By Heridho 26 Jun 2024, 13:39:55 WIB Nasional


Keterangan Gambar : Logo Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia

Jakarta, Berjayanews.com - Pemerintah Indonesia meluncurkan logo untuk Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Baru". Logo ini didesain dengan kolaborasi antara Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), dan merupakan karya dari Inggrid Wenas.

Acara peluncuran ini dipimpin oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, yang menjelaskan bahwa tema "Nusantara Baru Indonesia Baru" mencerminkan transisi yang terjadi, termasuk pemindahan ibu kota negara dan dinamika kepemimpinan baru.

"Tema ini dipilih untuk menggambarkan transisi. Bukan hanya transisi pemindahan ibu kota negara tapi juga transisi yang berikutnya kepemimpinan bangsa dan negara kita," jelasnya dikutip, Rabu (26/6/2024).

Baca Lainnya :

Logo ini memiliki banyak simbolisme yang terkait dengan angka 79, yang menurut Heru Budi Hartono, Ketua Panitia HUT ke-79 RI, memiliki makna khusus, yaitu:

1. Angka 7: Melambangkan tujuh konsep utama, termasuk negara kepulauan, Pancasila, pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan, dan persatuan. Bentuknya menyerupai Garuda, lambang kekuatan negara.

2. Angka 9: Melambangkan prinsip pembangunan berkelanjutan dan ekonomi hijau, serta bersinergi dengan alam dan budaya.

3. Elemen grafis: Terinspirasi dari aliran sungai, yang melambangkan koneksi, dinamisme, dan persatuan dalam berbagai rumpun kekuatan yang bergerak menuju Nusantara Baru Indonesia Maju.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, menyebut akan ada turunan dari logo HUT ke-79 RI ini. Ia berharap peluncuran logo ini bisa memperluas publikasi.

"Nanti mulai dari tanggal 26 Juni Kemenparekraf akan mensosialisasikan turunan dari logo ini, akan dipasang dimana dan harapannya teman-teman ADGI juga tolong disosialisasikan kepada masyarakat luas bukan hanya sebatas kementerian dan lembaga," katanya. (*)




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Loading....