7 Tips Memilih Menu Buka Puasa Sehat

By Heridho 14 Mar 2024, 13:27:28 WIB Kesehatan


Keterangan Gambar : Istimewa

Berjayanews.com - Berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu. Setelah seharian berpuasa, tentunya hari perlu diakhiri dengan makanan sehat nan lezat agar tubuh kembali segar.

Alih-alih makan sehat, waktu berbuka puasa seringnya diisi dengan deretan makanan yang banyak mengandung zat yang bisa memicu penyakit. Seperti makanan dengan kandungan gula, lemak, sampai garam yang bisa memicu naiknya tekanan darah.

Berikut beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam memilih menu makanan yang tepat untuk buka puasa.

Baca Lainnya :

Awali dengan Minum Air Putih

Ketika berpuasa, tubuh bisa kehilangan banyak cairan. Dengan meminum cukup air putih, kamu dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Minum air putih hangat saat berbuka dapat membantu sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Selain itu, air putih hangat juga dapat merangsang sistem pencernaan untuk kembali aktif. Banyak dokter menganjurkan untuk meminum air putih sebelum makan karena dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik. Bagi kamu yang sedang melakukan diet, konsumsi air putih hangat sangat dianjurkan.

Hindari Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Makanan atau minuman manis memang dianjurkan untuk mengembalikan energi. Tapi jika berlebihan, maka dapat menyebabkan permasalahan, seperti diabetes.

Terlebih lagi, pola makan di bulan puasa tentu berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Konsumsi gula berlebih bisa membuat kamu merasa mudah lapar dan lemas.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Serat adalah salah satu gizi yang tak boleh ketinggalan untuk berbuka.

Serat bermanfaat untuk mengganti energi yang hilang serta menjaga agar kamu bisa kenyang lebih lama.

Asupan serat bisa kamu dapat dari buah dan sayuran. Beberapa buah yang mengandung tinggi serat, seperti alpukat, apel, kelompok beri, atau pisang.

Selain itu, sayur juga terkenal dengan kandungan seratnya. Beberapa sayur yang tinggi serat, seperti brokoli, wortel, atau bayam.

Konsumsi serat dengan cukup juga membantu kamu untuk menjaga sistem pencernaan. Serat dipercaya menjaga kesehatan usus dan mencegah sembelit.

Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang tampak menyegarkan, terutama setelah seharian berpuasa. 

Namun, minuman soda mengandung kadar gula yang sangat tinggi dan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes.

Meminum soda saat berbuka cenderung membuat kamu lebih cepat merasa haus dan tidak dapat menggantikan manfaat air sebagai cara untuk menghilangkan rasa haus.

Konsumsi soda juga dapat menyebabkan masalah pencernaan dan menghambat penyerapan nutrisi tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari minuman bersoda saat berbuka puasa.

Batasi Konsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas memang bisa menggugah selera. Tapi sayangnya ini tidak baik dikonsumsi, terlebih ketika perut sedang kosong.

Kandungan capsaicin dalam makanan pedas bisa melukai dinding usus dan lambung. Efeknya, bisa menyebabkan diare, maag, atau asam lambung naik.

Bukan berarti makanan pedas tidak boleh sama sekali. Hanya saja harus diperhatikan tingkat kepedasan dan kemampuan alat pencernaan.

Hindari Makanan Cepat Saji (Fast Food)

Makanan cepat saji atau fast food memang lebih praktis daripada memasak makanan sendiri.

Tapi sudah banyak diketahui bahwa makanan cepat saji termasuk dalam golongan makanan yang tidak sehat.

Mengonsumsi makanan cepat saji sebagai hidangan buka puasa bisa membuat kamu mudah lelah, mengantuk, dan obesitas, apabila terlalu sering bisa berakibat pada obesitas dan gangguan penyakit lainnya.

Makanan cepat saji mengandung tinggi karbohidrat dan kalori, sehingga memicu tubuh untuk menimbun lebih banyak lemak.

Batasi Konsumsi Gorengan atau Makanan Berminyak

Bagi sebagian banyak orang, gorengan adalah menu yang wajib ada sebagai lauk pauk.

Tapi perlu diketahui bahwa gorengan mengandung lemak jenuh yang cukup tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, gorengan bisa menghambat sistem pencernaan.

Konsumsi makanan yang digoreng juga bisa membuat kamu cepat lemas dan mengantuk. Hal ini karena sistem pencernaan bekerja lebih keras untuk mencerna kandungan yang dalam gorengan.

Nah, itulah beragam tips sehat saat berbuka puasa, jangan lupa untuk selalu memertimbangkan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, karena hal itu penting agar kesehatan kita terjaga di bula suci ramadhan.




Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Loading....