Geram Lihat Macet Setiap Mudik, M Ikhsan Siap Wujudkan Mimpi Bangun Jembatan Selat Sunda

By Ony 07 Apr 2024, 10:22:28 WIB Bandar Lampung


Keterangan Gambar : Geram Lihat Macet Setiap Mudik, M Ikhsan Siap Wujudkan Mimpi Bangun Jembatan Selat Sunda (Foto : Detik)

BERJAYANEWS.COM,- Pasangan Kandidat Bakal Calon Gubernur Lampung Ahmad Muslimin dan Brigjen Pol Pur M. Ikhsan berkeinginan menghidupkan ide untuk bisa membangun jembatan selat Sunda yang menghubungkan Bakauheni Lampung -Merak Banten.

M. Ikhsan mengaku prihatin dengan kemacetan yang terjadi setiap tahun saat mudik lebaran di Bakauheni dan Merak.

Hal tersebut disebabkan kata dia karena penumpukan kendaraan dan lambatnya proses bongkar muat yang terjadi di kedua pelabuhan tersebut.

Baca Lainnya :

"Kita punya mimpi menghidupkan ide bisa membangun jembatan Bakauheni-Merak agar bisa terwujud. Salahsatunya membangun jembatan dari satu pulau ke pulau dulu," tegas M. Ikhsan kepada awak media, Minggu (7/4/2024).    

Mantan Wadir Lantas Polda Metro jaya ini mengatakan setiap tahun selalu terjadi kemacetan dan penumpukan kendaraan di Bakauheni dan Merak akibat kemampuan dan kapasitas kapal yang ada.

"Saat ini regulasi pengaturan kapal yang mengatur ASDP. Kita bisa hitung berapa kendaraan yang bisa diangkut dengan kapal roro (roll on roll off) sekali bongkar dan muat dan berapa lama perjalanan termasuk waktu bongkar muat yang cukup lama," kata Ikhsan yang juga pernah menjadi kasat lantas Polresta Bandar Lampung ini

Meskipun saat ini sudah ada terminal eksekutif yang melakukan trip setiap 1.5 jam, Lanjut Ikhsan ditambah dermaga Cimanda Panjang khusus truk dan sepeda motor semua itu belum mampu mengatasi jumlah angkutan yang akan melintas di selat sunda tersebut.

"Dan mirisnya setiap tahun tidak ada evaluasi yang signifikan dari semua pihak. Harusnya kan ada solusi konkrit aik jangka menengah, panjang dan pendek, sehingga kedepan setiap mudik lebaran tidak lagi terjadi antiran kendaraan yang panjang dan berkilo-kilo meter," saranya.

Untuk itu Ikhsan menggagas ide untuk mewujudkan mimpi membangun jembatan selat sunda menghubungan Bakauheni -Merak yang pernah ada di era gubernur lampung Sjachroedin ZP.

"Ide mimpi ini sudah ada sejak era Gubernur Sjachroedin ZP. Sekarang kita berupaya mimpi ini terwujud. Caranya kita bisa bangun bertahap misalnya dari satu pulau ke pulau dulu," tutupnya. 

Jembatan Selat Sunda (JSS) Era Sjachroedin ZP

Mimpi membangun JSS memang sempat ada di era Era Sjachroedin ZP 2011 lalu. 

Jembatan sepanjang 30 km merupakan solusi atasi macet yang terjadi di Pelabuhan Merak, Banten.

Rencana pembangunan JSS saat itu diperkirakan menelan anggaran Rp 100 Triliun dengan kontraktor PT Bangungraha Sejahtera Mulia (BSM) merupakan anak usaha Artha Graha

Pihak BSM saat itu membiayai sendiri pra studi pembangunan JSS.

Hasilnya, JSS bisa dibangun dengan dana Rp 100 triliun dalam waktu 10-15 tahun.

Jembatan itu memiliki panjang 30 km dan lebar 60 meter.

***





Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Loading....